Widget HTML Atas

Tips Membujuk Anak Pergi ke Dokter Gigi

Tips Membujuk Anak Pergi ke Dokter Gigi - Beberapa makanan yang manis seperti kandungan gula dari Susu formula, permen, coklat ataupun makanan manis lainnya memiliki banyak kandungan gula, dimana hal tersebut dapat menyebabkan karies pada gigi anak anda.Karen itu perlu untuk menjaga kesehatan gigi anak sejak dini agar dapat mencegah terjadinya gigi susu berlubang atau patah serta juga perawatan gigi susu ditujukan untuk dapat memastikan gigi permanen dapat tumbuh pada posisi yang rata. 

Perawatan gigi susu pada anak dapat dilakukan dengan cara mengajarkan atau membiasakan anak untuk menyikat gigisecara rutin dan juga rajin memeriksakan kesehatan gigi ke dokter. Akan tetapi apa jadinya jika anak kita memiliki rasa takut yang berlebihanpada saat diajak untuk berkunjung ke dokter gigi. orang tua akan timbul apa bila anaknya tersebut merasa phobia untuk ke dokter. Hal yang semestinya anda ingat bahwa pergi ke dokter gigi bukanlah sebagai ancaman, hukuman ataupun sekedar menakut-nakuti ketika anak kita tidak terbiasa menggososk gigi. Semua hal tersebut akan membuat anak anda berpikir bahwa dokter gigi adalah tempat yang menyeramkan. berikut tupsnya apabila hal itu terjadi pada anda kita :

Tips Membujuk Anak Pergi ke Dokter Gigi

Tips Membujuk Anak Pergi ke Dokter Gigi

Memperkenalkan perawatan gigi pada usia dini

Memperkenalkan klinik atau perawatan gigi pada anak anda pada usia yang dini akan membuatnya terbiasa. Anda dapat memulai mengajaknya pada usia dua tahun, meskipun anak anda tidak mempunyai keluhan yang berarti akan tetapi dengan cara seperti ini akan membuat kebiasaan baik dalam merawat kesehatan gigi. Berikan kesempatan anak anda dengan dokter gigi berkomunikasi meskipun dalam beberapa bahasan yang ringan, membuat kesan yang menyenangkan akan menghindari ketakutan untuk berkunjung selanjutnya.

Memberikan contoh perawatan gigi pada anak anda

Bila anda memiliki kesempatan untuk mendapatkan perawatan kesehatan gigi anda, anda dapat melibatkan anak anda. Dengan mengajak anak anda dan memperlihatkan keberanian anda serta kebiasaan perawatan gigi akan membentuk stigma yang positif pada diri anak anda.

Jangan pernah memberikan iming-iming hadiah

Kebanyakan orang tua dalam membujuk anaknya dalam melakukan kebiasaan baik disertai dengan iming-iming hadiah. Hal ini mungkin akan berhasil untuk beberapa kegiatan seperti rajin belajar dapat sepeda baru atau sebagianya akan tetapi kami sarankan untuk tidak memberikan iming-iming terlalu sering apalagi dalam perawatan gigi, biarkan tumbuh kemauan dalam diri anak anda.

Jangan berbohong pada anak

Berikan penjelasan pada anak kita apabila akan melakukan perawatan gigi, misalnya mencabut gigi pada anak itu tidak sakit karen dokter telah memberikan pereda sakit sebelum giginya dicabut. Hal ini akan memberikan rasa nyaman dan mengurangi ketakutan anak terhdapat proses pencabutan giginya


Demikian Tips Membujuk Anak Pergi ke Dokter Gigi dari MamaSuka, semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua.

Tidak ada komentar untuk "Tips Membujuk Anak Pergi ke Dokter Gigi"